Open Daily [ Mon – Sat ] : 08.00 – 17.00 | Call : +62 8786 5833 682 / +62 852 051 872 15

image

Panduan Sederhana Menyiapkan Liburan Secara Efisien

Berlibur adalah kebutuhan yang essential. Alasan yang paling masuk akal untuk menjelaskan betapa pentingnya liburan sebagai kebutuhan Anda karena berlibur adalah obat penghilang stress paling ampuh yang pernah ada. Liburan sudah menjadi salah satu poin penting dalam pola hidup, bahkan akhir-akhir ini menjadi trend tersendiri di berbagai kalangan dan berbagai golongan.

Mengingat pentingnya peran liburan dalam kehidupan Anda, tentu saja persiapannya harus dilakukan dengan matang. Hal pertama yang tersirat di pikiran adalah tujuan liburan itu sendiri. Namun hal lain yang tidak kalah penting adalah persiapan liburan dari segi packing termasuk memilih jenis barang yang harus dibawa dalam perjalanan dan yang harus ditinggalkan di rumah.

“Travel light” merupakan pesan yang telah diaplikasikan para traveler dari seluruh dunia selama berpuluh tahun lamanya. Bepergian dengan barang yang berlebihan bisa menjadi mimpi buruk tersendiri dalam liburan Anda. Bayangkan ketika Anda merencakan liburan selama tiga hari namun terasa tidak nyaman di tempat tujuan hanya karena Anda membawa barang-barang yang sama sekali tidak terpakai di tempat tujuan. Karena itu packing bisa menjadi salah satu hal krusial yang mengontrol tingkat kesuksesan Anda dalam mencapai titik kebahagiaan maksimal yang dihasilkan dari sebuah liburan. Apa saja yang perlu Anda bawa ketika berlibur?

1.      Pakaian

Sesuaikan jenis pakaian yang Anda bawa dengan tujuan liburan Anda dan jangan meremehkan perkiraan cuaca. Meskipun Anda memiliki rencana untuk berlibur di daerah pantai, tidak ada salahnya untuk membawa satu atau dua pakaian lengan panjang jika musim hujan sedang terjadi. Bagaimanapun, cuaca tidak bisa diprediksi secara pasti dan tidak ada salahnya untuk menyediakan payung dan pakaian hangat sebelum hujan. Literally.

2.      Dokumen penting

Tidak diragukan lagi, poin ini sangat penting terutama ketika Anda berlibur ke luar negeri. Namun jangan meremehkan fungsi dokumen tanda pengenal seperti KTP ketika Anda melakukan perjalanan di domestik. Anda pasti tahu bahwa keperluan check-in di setiap bandar udara di seluruh Indonesia memerlukan KTP. Jangan salah, KTP juga memerlukan peran penting di jalur darat. Memang tidak semua pelabuhan di Indonesia akan menuntut Anda untuk menunjukkan tanda pengenal, namun beberapa di antaranya cukup tegas dalam menangani hal ini. Pelabuhan Gilimanuk di Bali adalah salah satu contohnya.

3.      All in One Gadget

Banyak pilihan gadget yang bisa Anda bawa untuk melengkapi liburan dengan segala fitur yang tersedia. Solusi paling mudah adalah membawa smartphone yang bisa memenuhi berbagai kebutuhan dari segala sisi. Mulai dari kapasitas memori yang besar hingga ketajaman serta fitur kamera yang memuaskan.

4.      Uang tunai

Anda benar, kartu kredit dan/atau kartu ATM merupakan salah satu alat paling berguna ketika berlibur. Namun tahukah Anda bahwa terkadang uang tunai menjadi lebih berharga ketika Anda berlibur di suatu daerah tertentu? Di Lombok misalnya. Ketika Anda bepergian ke daerah gunung Rinjani, ATM sangat susah ditemui dalam radius puluhan kilometer. Bayangkan betapa tidak nyamannya berhadapan dengan situasi ini ketika Anda membutuhkan uang tunai untuk membayar akomodasi, makanan dan lain sebagainya. Hal ini juga sangat mungkin terjadi di daerah lain karena tidak semua tempat wisata seperti hotel atau restoran menerima pembayaran dengan kartu kredit atau kartu debit.

5.      Jurnal dan Buku Bacaan

Meskipun Anda bukan seorang penulis, jurnal bisa memiliki peranan penting dalam perjalanan Anda. Jurnal bukan saja digunakan untuk menulis cerita dalam liburan, namun juga untuk mencacat pengeluaran Anda. Mengapa mencatat pengeluaran sangat diperlukan? Hal ini bisa menjadi referensi penting bagi Anda maupun kerabat serta teman-teman Anda yang ingin berlibur di tempat yang sama. Catat restoran terbaik dan terburuk yang Anda coba di tujuan wisana Anda, tempat-tempat yang unik maupun yang tidak menarik yang Anda kunjungi sebagai referensi di masa depan. Buku bacaan sendiri bisa sangat berguna jika Anda ingin mengisi waktu luang untuk bermalas-malasan alih-alih melakukan aktivitas dalam liburan Anda.

6.      Item tambahan

Barang tambahan ini bisa berbentuk macam-macam, tergantung dari tujuan dan destinasi liburan Anda. Jika Anda mengunjungi pantai dan hobi menyapa ekosistem bawah laut, jangan lupa menyelipkan snorkeling gear untuk mengelilingi spot-spot yang menarik. Jika Anda memiliki rencana untuk hiking, jangan lupakan barang-barang kecil yang berguna seperti senter atau sarung tangan untuk menghindari dinginnya udara pegunungan.

Siapkan semuanya dengan baik, teliti dan jangan lupakan prinsip “travel light” sebagai prioritas. Selamat berlibur!

(Etam)